Selasa, 19 Oktober 2010

Bulan Bakti Karang Taruna Se-Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2010

Kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna se Kabupaten Kutai Kartanegara yang dipusatkan di Desa Ponoragan Kecamatan Loa Kulu pada tanggal 26-27 September 2010 secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Bapak H. Ghufron Yusuf, SH.,MM. Dalam kesempatan acara Pembukaan Bulan Bhakti Karang Taruna tersebut juga hadir Kepala Dinas Sosial Kutai Kartanegara, Drs. Mursito, MM, Kepala Dispora Kutai Kartanegara, Drs. Syafrudin, Camat Loa Kulu beserta jajaran unsur musyawarah pimpinan Kecamatan Loa Kulu, tokoh-tokoh masyarakat dan pemuda, Forum Pemerhati Masyarakat Loa Kulu, dan utusan dari Karang Taruna Kecamatan se-Kabupaten Kutai Kartanegara.
Dalam sambutan Bupati Kutai Kartanegara yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara dikatakan bahwa Karang Taruna yang telah mencapai usia 50 tahun harus bisa menunjukkan eksistensinya dengan berbagai peran yang lebih nyata di tengah-tengah masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati juga menyatakan bahwa Pemerintah Daerah berkomitmen untuk mendukung program-program yang dirancang oleh Karang Taruna, yang terpenting adalah bagaimana program-program tersebut dikomunikasikan dengan Pemerintah Daerah, khususnya kepada Instansi yang menjadi Pembina Fungsional dari Karang Taruna yang dalam hal ini adalah Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara.
Selepas membuka secara resmi, Wakil Bupati Kutai Kartanegara menandai dimulainya kegiatan penghijauan sebagai salah satu rangkaian dari Kegaiatan Bhakti Sosial dalam Bulan Bhakti Karang Taruna tersebut. Dalam kesempatan tersebut, secara simbolis Wakil Bupati, Kepala Dinas Sosial, dan Kepala Dispora melakukan penanaman pohon di lokasi pembukaan acara tersebut, yang dikuti penyerahan secara simbolis bibit tanaman kepada para Ketua RT dilingkungan Desa Ponorangan.  Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau lokasi Pemeran, lokasi Sunatan Massal, Donor Darah dan Pengobatan Gratis.
Kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna dilaksanakan selama dua hari dengan berbagai agenda :
1.      Bhakti sosial yang meliputi kegiatan Penghijauan, Sunatan Massal (dikuti 3 orang peserta), Donor Darah (diikuti 16 orang), Pengobatan Gratis (diikuti 52 orang).
2.      Rapat Kerja yang diikuti oleh utusan dari 15 Kecamatan se Kabupaten Kutai Kartanegara. Dalam Rapat kerja tersebut masing-masing Karang Taruna Kecamatan menyampaikan program kerjanya. Dari program kerja yang disampaikan oleh Karang Taruna Kecamatan selanjutnya akan menjadi dasar bagi Karang Taruna Kabupetan untuk menyusun program kerjanya satu tahun ke depan. Dari penyusunan program kerja ini nampak bahwa prioritas program yang menjadi target masing-masing Karang Taruna Kecamatan adalah program-program yang berkaitan dengan program-program pengembangan ekonomi kerakyatan dan program-program yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.
3.      Penyampaian materi oleh  (1). Drs. Mujiono (Kabid Kelembagaan Dinsos Kukar) dengan materi Strategi dan Pendekatan Dalam Manajemen Karang Taruna (2). H. Abdul Muhid Nawawi (Ketua Forum PSM Propinsi Kaltim dan Penilai Karang Taruna Berprestasi Kaltim) dengan materi Mekanisme dan Strategi Meraih Karang Taruna Berprestasi.
4.      Hiburan Rakyat
5.      Silaturahmi dan dengar pendapat pihak DPRD Kutai Kartanegara yang dalam kesempatan tersebut diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kukar, H. Marwan SP.,M.Si.
6.      Silaturahmi dan dengar pendapat dengan Kepala Bagian Sosial Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara.
Setelah semua agenda kegiatan dalam rangkaian Bulan Bhakti Karang Taruna terlaksana, kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara yang diwakili oleh Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Sosial Kukar, Drs. Mujiono. Dalam kesempatan penutupan tersebut Ketua Karang Taruna Kabupaten menyampaikan pesannya agar silaturahmi dan komunikasi terus dibangun diantara sesama anggota dan pengurus Karang Taruna di semua tingkatan, agar sinergi yang utuh dapat terbangun dengan baik dan optimal sehingga Karang Taruna dapat berbuat lebih baik dan lebih banyak bagi masyarakat secara umum, khususnya bagi kalangan muda yang merupakan Warga karang Taruna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar